13 Mei 2009

Servis Shockbreaker Shogun 125 R

Hari Rabu (13/5) ini saatnya cari bengkel bt servis shockbreaker belakang Shogun R 125 ku yg sudah terlihat bocor olinya dan g nyaman bt dikendarai pas lewat jalan g rata atau polisi tidur. Maklum, udah sekitar 5 tahunan usianya. Malam sebelumnya dikasi saran ma temen lewat facebook, ada bengkel yg bisa ngerjain shockbreaker di jalan Magelang, tepatnya sebelum Borobudur Plaza. Ada juga yg kasi saran di bengkel Hudoyo jalan Gejayan, dari kampus UGM ke arah UNY.


Tujuan pertama ke bengkel Hudoyo karena lumayan deket ma kos, eh sampai sana koq masih tutup, padahal udah jam 9. Mampir dulu di Toko Rinjani di sebelah utaranya, cr tas samping bt kado temen yang maw ultah. Hmm.. berhubung duit terbatas, aku pilihin aja merek Tracker Forward seharga 39.500. baguslah modelnya.


Wah, udah buka tuh bengkelnya. Setelah di cek ma teknisinya, ternyata benar shockbreaker belakang bocor. Sementara shockbreaker depan masi bagus. Cuma karena pengaruh shockbreaker belakang yg kerjanya g sempurna jd shockbreaker yg depan kerasa g enak juga. Bengkel kasi solusi yg ekstrim, ganti aja mas! Yah, shockbreaker asli punya Shogun 400rb an cuy! Duit sapa tuh?? Trus di kasi saran juga ganti shockbreaker yg pake tabung cuma 250rb. Wah, g brani macem2 ah. Akhirnya teknisi kasi saran bt ke bengkel spesialis shockbreaker di jalan Pandega Marta ujung paling utara.


Sempat keliru juga di bengkel Nur Motor, habis bengkel spesialis shockbreaker yg dimaksud g ada papan namanya sih, jd kebanyakan orang ngasi ancer2 bengkel Nur Motor. Setelah diperikasa teknisi, bapak2 yg udah tua tp mbois juga kerjanya. Haha.. ternyata solusinya bisa dengan hanya ganti as dan seal. Ongkosnya 35.000 kalo cuma satu sisi dan 65.000 buat kiri dan kanan. Tp g mungki donk kalo cuma satu sisi, kan bisa g imbang nanti.


Pas shockbreakernya di bongkar, parah banget cuy! Oli shockbreaker yg kanan udah habis bis!! Itu menyebabkan terjadinya goresan2 di asnya. untung ketahuan, kalo g, bisa patah tuh as. Kata bapak itu, seal dan as saling berhubungan, kalo yg satu kena (rusak), yg satunya pasti juga kena. Sambil bapak itu kerja, aku liatin terus. Enak juga bapak ini di ajak ngobrol. Ngasi tau banyak hal tentang tiap langkah yg dia kerjakan. Dari situ aku tau kalo harga g pernah bohong. Kebanyakan pasiennya adalah pengguna shockbreaker variasi (bukan rekomendasi pabrik). Pantes aja, harganya kan lebih murah. Oli shockbreaker jg g masalah dengan merek apapun, yg penting nilai SAE nya tepat, trus volumenya jg g terpaku pada angka, di kira2 aja asalkan shockbreaker bisa main (naik turun enak. Hehe..), kalo kebanyakan jadi keras, kalo kedikitan g bisa balik asnya.


Sumpah aku kagum ma bengkel si bapak. Kira2 2x3 meter ukurannya, dinding kayu. Tp peralatan buat jadi spesialis shockbreaker komplit dan tertata rapi pi! Trus pas mau bayar ongkosnya, tak kukira si bapak punya buku transaksi yg rapi banget! Selain di catat di nota jg dicatat di buku itu. Wah, pokoknya g sia2 bayar 65.000, selain shockbreaker motor ku bisa maen lagi, aku jg belajar banyak hal dari si bapak. Oiyha, satu lagi, dia kasi garansi 1 bulan bt hasil kerjaannya! Haha..






Kategori: - Perjalanan - Informasi - Opini -



.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar